Aplikasi Editor Foto Gratis Terbaik 2022 Untuk PC (Alternatif Adobe)



Meskipun para profesional mungkin tertarik pada sesuatu yang sekuat Adobe Photoshop untuk semua kebutuhan terkait foto mereka, Anda dapat menemukan beberapa editor fantastis yang sepenuhnya gratis. GIMP adalah pilihan teratas kami saat ini jika Anda mencari editor gratis. Ini open-source, hadir dengan lebih banyak fitur daripada banyak opsi berbayar, seperti plugin, mask, dan lapisan, dan mungkin sedekat mungkin dengan penawaran Adobe yang bisa Anda dapatkan. Selain itu, Anda bahkan dapat membuka dan mengedit dokumen PSD Photoshop.

Namun, beberapa pengguna potensial mungkin menganggap itu berlebihan. Jika Anda hanya berharap untuk melakukan beberapa pengeditan sederhana seperti memotong atau meluruskan gambar, ada opsi lain yang lebih sederhana yang dikumpulkan di sini. Tidak masalah jika Anda hanya mencoba menyesuaikan foto sebelum membagikannya dengan teman atau menggunakan laptop untuk fotografi. Kami telah mengumpulkan alat yang paling ideal untuk membantu Anda mengubah foto yang bagus menjadi foto yang bagus.

Apa yang harus diperhatikan dalam memilih aplikasi editor foto gratis?

Saat Anda memilih aplikasi editor foto gratis, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah tingkat kepercayaan dan pengalaman Anda. Jika Anda hanya ingin melakukan beberapa penyesuaian (menghilangkan noda dan memperbaiki warna, misalnya) maka alat online sederhana mungkin sempurna, melakukan pekerjaan dengan baik tanpa membebani Anda dengan banyak pilihan.

Jika, di sisi lain, Anda tertarik untuk mengedit lebih lanjut, maka Anda ingin fokus pada perangkat lunak desktop yang menawarkan alat seperti lapisan dan topeng, memberi Anda kendali penuh atas prosesnya.

Perangkat lunak desktop juga merupakan pilihan yang baik jika Anda memiliki beberapa foto untuk diedit, dan beberapa editor foto gratis bahkan dapat mengedit foto secara berkelompok, yang dapat menghemat banyak waktu Anda.

Anda juga perlu mempertimbangkan untuk apa Anda akan menggunakan foto yang diekspor. Editor foto online seringkali hanya dapat mengekspor gambar dalam format JPG, dan hanya pada resolusi yang relatif rendah. Itu mungkin bagus untuk gambar yang ingin Anda tampilkan secara online (dan banyak editor foto semacam itu menyertakan alat untuk mengirim gambar langsung ke Facebook atau Twitter) tetapi jika Anda ingin mencetak karya Anda maka Anda akan lebih baik menggunakan alat seperti GIMP atau Paint .NET yang memungkinkan Anda mengekspor hampir semua format, dalam resolusi tinggi.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi editor foto gratis terbaik 2022

1. GIMP


GIMP (GNU Image Manipulation Program) adalah editor foto gratis terbaik. Ini dikemas dengan jenis alat peningkatan gambar yang akan Anda temukan di perangkat lunak premium, dan lebih banyak lagi ditambahkan setiap hari.

Toolkit pengeditan foto menakjubkan, dan menampilkan lapisan, topeng, kurva, dan level. Anda dapat menghilangkan kekurangan dengan mudah dengan stempel klon dan alat penyembuhan yang sangat baik, membuat kuas khusus, menerapkan perubahan perspektif, dan menerapkan perubahan ke area terisolasi dengan alat seleksi cerdas.

GIMP adalah editor foto gratis sumber terbuka, dan komunitas pengguna dan pengembangnya telah membuat banyak koleksi plugin untuk memperluas utilitasnya lebih jauh. Banyak di antaranya sudah diinstal sebelumnya, dan Anda dapat mengunduh lebih banyak dari glosarium resmi. Jika itu tidak cukup, Anda bahkan dapat menginstal plugin Photoshop.

2. Ashampoo Photo Optimizer


Jika Anda memiliki banyak foto yang perlu Anda edit dengan tergesa-gesa, Ashampoo Photo Optimizer dapat menjadi alat untuk Anda. Antarmukanya bersih dan rapi, dan sama sekali tanpa iklan (walaupun Anda harus mengirimkan alamat email sebelum dapat mulai menggunakannya).

Mengimpor gambar sangat mudah, dan setelah ditambahkan ke kolam, Anda dapat memilih beberapa sekaligus untuk diputar atau dicerminkan, menghemat waktu Anda yang berharga. Anda juga dapat memilih masing-masing foto untuk disempurnakan dengan alat pengoptimalan sekali klik perangkat lunak. Dalam pengujian kami, ini bekerja dengan sangat baik pada lanskap, tetapi tidak selalu bagus untuk subjek lain.

Jika Anda ingin membuat koreksi warna dan eksposur manual, ada setengah lusin penggeser yang memungkinkan Anda melakukan hal itu. Sayang sekali Anda tidak dapat juga menerapkan perubahan warna yang sama ke seluruh rangkaian gambar sekaligus, tetapi ini adalah editor foto gratis yang brilian untuk membuat koreksi cepat.

Untuk pengeditan lebih lanjut, lihat Ashampoo Photo Optimizer 7 – versi premium perangkat lunak dengan alat pengoptimalan yang ditingkatkan.

3. Canva


Canva adalah editor foto yang berjalan di browser web Anda, dan ideal untuk mengubah foto favorit Anda menjadi kartu, poster, undangan, dan postingan media sosial. Jika Anda tertarik untuk mempertahankan kehadiran online yang dipoles, ini adalah alat yang sempurna untuk Anda.

Canva memiliki dua tingkat, gratis dan berbayar, tetapi tingkat gratis sangat cocok untuk pengguna rumahan. Cukup daftar dengan alamat email Anda dan Anda akan mendapatkan penyimpanan cloud gratis sebesar 1 GB untuk foto dan desain Anda, 8.000 template untuk digunakan dan diedit, dan dua folder untuk mengatur pekerjaan Anda.

Anda tidak akan menemukan alat canggih seperti sikat klon dan pemilih pintar di sini, tetapi ada satu set penggeser praktis untuk menerapkan warna, efek sketsa, penajaman, menyesuaikan kecerahan, saturasi dan kontras, dan banyak lagi. Alat pengeditan teks intuitif, dan ada banyak pilihan latar belakang dan grafik lainnya untuk melengkapi desain Anda.

4. Fotor


Fotor adalah editor foto gratis yang ideal untuk meningkatkan gambar Anda dengan cepat. Jika ada area retouching tertentu yang perlu Anda lakukan, katakanlah, sikat klon atau alat penyembuhan, Anda kurang beruntung. Namun, jika kebutuhan Anda sederhana, tumpukan filter kelas atas benar-benar bersinar.

Ada alat tilt-shift yang sangat mudah, misalnya, dan serangkaian tweak warna vintage dan cerah, semuanya mudah diakses melalui sistem menu pintar Fotor. Anda juga dapat mengubah kurva dan level Anda sendiri secara manual, tetapi tanpa kerumitan alat canggih.

Fungsi menonjol dari Fotor, dan salah satu yang sangat kurang di banyak editor foto gratis, adalah alat pemrosesan batch - berikan setumpuk foto dan itu akan menyaring banyak foto sekaligus, sempurna jika Anda memiliki kartu memori yang penuh liburan terkunci dan perlu menutupi hasil kamera yang cerdik atau tangan yang gemetar.

5. Photo Pos Pro


Photo Pos Pro tidak begitu dikenal seperti Paint.net dan GIMP, tetapi ini adalah editor foto gratis berkualitas tinggi lainnya yang dikemas dengan alat peningkatan gambar canggih.

Antarmuka editor foto gratis ini lebih pintar dan lebih mudah diakses daripada susunan menu dan bilah alat GIMP, dengan semuanya diatur dengan cara yang logis dan konsisten. Jika masih terlalu menakutkan, ada juga tata letak 'pemula' opsional yang menyerupai pendekatan berbasis filter Fotor. Pilihan ada padamu.

Tata letak 'ahli' menawarkan layer dan layer mask untuk pengeditan yang canggih, serta alat untuk menyesuaikan kurva dan level secara manual. Anda masih dapat mengakses filter sekali klik melalui menu utama, tetapi fokusnya lebih pada pengeditan halus.

Sayangnya versi gratis dari Photo Pos Pro hanya memungkinkan Anda untuk mengekspor maksimal 1.024 x 1.024 piksel. Jika Anda menyiapkan gambar untuk dibagikan secara online, ini mungkin tidak menjadi masalah, tetapi ini membatasi kegunaan perangkat lunak jika Anda ingin mencetak karya Anda.

6. Paint.NET


Lebih banyak tidak, percaya atau tidak, selalu lebih baik. Kesederhanaan Paint.NET adalah salah satu nilai jual utamanya; ini adalah editor foto gratis yang cepat dan mudah dioperasikan yang ideal untuk tugas-tugas sepele yang tidak selalu membenarkan kekuatan alat seperti GIMP.

Namun, jangan biarkan nama itu menipu Anda. Ini bukan hanya salinan murah dari Microsoft Paint ultra-dasar – bahkan jika itu awalnya dimaksudkan untuk menggantikannya. Ini adalah editor foto yang tepat, hanya satu yang berada di sisi dasar kurva.

Antarmuka Paint.NET akan mengingatkan Anda akan namanya, tetapi selama bertahun-tahun, mereka telah menambahkan alat pengeditan lanjutan seperti lapisan, riwayat pembatalan, banyak filter, banyak sekali plugin yang dibuat komunitas, dan fungsi putar/perbesar 3D yang brilian. berguna untuk menyusun ulang gambar.

7. PhotoScape


PhotoScape mungkin terlihat seperti editor foto gratis yang agak sederhana, tetapi lihat menu utamanya dan Anda akan menemukan banyak fitur: konversi mentah, pemisahan dan penggabungan foto, pembuatan GIF animasi, dan bahkan yang agak aneh (tetapi berguna) fungsi yang dengannya Anda dapat mencetak kertas musik bergaris, grafik, atau lembaran.

The meat, tentu saja, ada di pengeditan foto. Antarmuka PhotoScape adalah salah satu yang paling esoteris dari semua aplikasi yang pernah kami lihat di sini, dengan alat yang dikelompokkan ke dalam halaman dalam konfigurasi yang aneh. Ini tentu saja tidak mencoba meniru Photoshop, dan menyertakan lebih sedikit fitur.

Kami pasti akan mengarahkan ini ke pemula, tetapi itu tidak berarti Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang solid. Filter PhotoScape cukup canggih, jadi itu adalah pilihan yang baik jika Anda perlu dengan cepat meratakan, mempertajam, atau menambahkan pemfilteran ringan ke gambar dalam sekejap.

8. Pixlr X


Pixlr X adalah penerus Pixlr Editor, yang merupakan salah satu editor foto online gratis favorit saya selama bertahun-tahun.

Pixlr X membuat beberapa peningkatan pada pendahulunya. Sebagai permulaan, ini didasarkan pada HTML5 daripada Flash, yang berarti dapat berjalan di browser modern apa pun. Ini juga apik dan dirancang dengan baik, dengan antarmuka yang mengingatkan pada Photoshop Express, dan pilihan skema warna gelap atau terang.

Dengan Pixlr X, Anda dapat membuat perubahan halus pada warna dan saturasi, mempertajam dan mengaburkan gambar, menerapkan efek vinyet dan bingkai, serta menggabungkan banyak gambar. Ada juga dukungan untuk lapisan, yang tidak akan Anda temukan di banyak editor foto online gratis, dan berbagai alat untuk melukis dan menggambar. Pilihan yang bagus untuk tugas-tugas tingkat lanjut sekalipun.

9. Adobe Photoshop Express Editor


Seperti namanya, Adobe Photoshop Express Editor adalah versi berbasis browser yang dipangkas dari perangkat lunak pengedit foto perusahaan terkemuka di dunia. Mungkin yang mengejutkan, aplikasi ini memiliki toolkit yang lebih luas daripada aplikasi Photoshop Express yang dapat diunduh, tetapi hanya mendukung gambar dalam format JPG yang berukuran di bawah 16MB.

Sekali lagi, ini adalah alat berbasis Flash, tetapi Adobe menyediakan aplikasi seluler yang berguna untuk semua platform sehingga Anda tidak akan ketinggalan jika menggunakan ponsel cerdas atau tablet.

Editor foto online gratis ini memiliki semua kelebihan yang Anda harapkan dari Adobe, dan meskipun tidak memiliki alat yang cukup banyak seperti beberapa pesaingnya, semua yang ada dipoles dengan sempurna. Adobe Photoshop Express Editor menyenangkan untuk digunakan. Satu-satunya kelemahannya adalah batasan ukuran dan jenis file yang diunggah, dan kurangnya dukungan untuk lapisan.

10. PiZap


Editor foto online gratis PiZap tersedia dalam edisi HTML5 dan Flash, sehingga cocok untuk perangkat apa pun. Anda dapat memilih untuk bekerja dengan foto dari hard drive Anda, Facebook, Google Foto, Google Drive, Google Penelusuran, atau katalog gambar stok. Ini adalah pilihan yang mengesankan, meskipun beberapa gambar stok hanya tersedia untuk pelanggan premium, dan Anda harus berhati-hati terhadap masalah hak cipta jika Anda menggunakan gambar langsung dari Gambar Google.

Antarmuka pengeditan piZap memiliki desain gelap dan modern yang banyak menggunakan bilah geser untuk penyesuaian cepat – sistem yang bekerja jauh lebih baik daripada ikon rumit dan menu tarik-turun jika Anda menggunakan perangkat layar sentuh.

Setelah selesai, Anda dapat membagikan kreasi Anda di semua jaringan media sosial terbesar, serta server piZap sendiri, Dropbox, dan Google Drive. Atau, Anda dapat menyimpannya ke hard drive Anda, mengirimkannya melalui email, atau mengambil kode sematan. Anda hanya dapat mengekspor pekerjaan Anda dalam kualitas tinggi jika Anda telah membuka dompet Anda untuk editor premium, tetapi untuk berbagi sosial konyol itu tidak akan menjadi masalah.


Demikian Aplikasi Editor Foto Gratis Terbaik 2022 Untuk PC (Alternatif Adobe). Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Aplikasi Editor Foto Gratis Terbaik 2022 Untuk PC (Alternatif Adobe)"