Apa itu Metaverse?

Ilustrasi metaverse

Metaverse merupakan kata yang populer saat ini, tapi apa artinya sebenarnya? Akankah metaverse mengubah cara kita hidup, bekerja, dan bersosialisasi - atau apakah itu semua hanya hype semata?

Dengan Mark Zuckerberg baru-baru ini mengumumkan bahwa nama perusahaan induk Facebook telah berubah menjadi Meta, jelas raksasa teknologi itu bermaksud untuk mengejar peluang metaverse secara agresif.

Metaverse seharusnya memiliki potensi untuk merevolusi cara kita melakukan bisnis, mengunjungi teman, berbelanja, dan jaringan, tetapi itu belum sepenuhnya ada di luar konsep teoretis.

Jadi apa sebenarnya metaverse itu, mengapa Meta sangat ingin mewujudkannya, dan apa yang akan terlibat untuk bisnis dan konsumen?

Apa metaverse dan dari mana kata itu berasal?

Apa itu metaverse dan dari mana kata itu berasal? Istilah metaverse mungkin baru saja menjadi perhatian banyak orang, tetapi itu bukan kata baru, juga bukan istilah yang ditemukan oleh Zuckerberg.

Metaverse adalah portmanteau, menggabungkan awalan 'meta' dan kata 'semesta', dan umumnya digunakan untuk menggambarkan alam semesta virtual, diakses oleh teknologi virtual reality (VR).

Kata itu diciptakan pada tahun 1992 oleh novelis fiksi ilmiah Neal Stephenson dalam karyanya Snow Crash. Dalam novel, karakter memasuki metaverse melalui avatar mereka, yang merupakan representasi virtual dari diri mereka sendiri. Dalam metaverse, avatar dapat melampaui kenyataan dan memasuki dunia VR, namun, dalam novel Stephenson, metaverse adalah pelarian dari dunia yang suram, dystopian, dan didorong oleh keserakahan perusahaan.

Sejak itu, kata tersebut semakin populer, terutama di ruang game. Siapa pun yang menikmati permainan peran (RPG) di mana mereka memasuki dunia permainan dan bermain langsung dengan pemain dan karakter lain mungkin akrab dengan konsep metaverse. Istilah ini juga telah digunakan oleh futuris selama bertahun-tahun untuk menggambarkan bagaimana kita dapat terhubung secara digital di tahun-tahun mendatang.

Mark Zuckerberg dan Metaverse

Tidak ada definisi pasti tentang apa sebenarnya metaverse itu - tetapi Meta menggambarkannya sebagai:

“Satu set ruang virtual tempat Anda dapat membuat dan menjelajahi dengan orang lain yang tidak berada di ruang fisik yang sama dengan Anda. Anda akan dapat bergaul dengan teman, bekerja, bermain, belajar, berbelanja, berkreasi, dan banyak lagi”.

Meta dan banyak perusahaan teknologi lainnya ingin memperluas ide metaverse di luar konsep yang tidak jelas dan menjadi sesuatu yang nyata, mengembangkan alat yang diperlukan untuk menghidupkan metaverse.

Saat ini, kata metaverse umumnya mengacu pada komunitas virtual yang saling berhubungan, atau dunia, di mana avatar individu dapat terhubung. Menggunakan headset VR, augmented reality (AR), jam tangan pintar, dan kacamata pintar, kita dapat membawa diri kita ke metaverse. Sampai sekarang, metaverse global yang dapat diakses siapa pun belum sepenuhnya ada, jadi sebagian besar ide Meta untuk metaverse masih dalam tahap teoretis.

Bagaimana Meta membayangkan metaverse?

Pada konferensi 2021 Connect perusahaan, Zuckerberg memperkenalkan kepada pemirsa visi perusahaannya untuk metaverse, mengintegrasikan dunia 2D dan 3D ke dalam satu komunitas virtual.

Metaverse-nya akan menggabungkan produk Meta saat ini, seperti WhatsApp dan Messenger, tetapi juga menawarkan banyak alat baru seperti rumah virtual, kantor, dan peluang e-niaga untuk bisnis dan pembuat konten. Dalam imajinasi metaverse Meta, pengguna akan memiliki kontrol kreatif penuh atas dunia virtual mereka, merancang segala sesuatu mulai dari rumah tepi laut hingga stasiun luar angkasa tempat Anda dapat bekerja secara kolaboratif, mengobrol dengan teman, atau belajar.

Menggunakan VR, AR, dan alat teknologi kami saat ini, metaverse akan menggabungkan dunia fisik dan digital. Ini akan menjadi ekspansi besar dari Facebook Horizon, yang sekarang dikenal sebagai Horizon Worlds, yang dibuat pada tahun 2019 sebagai game VR dan platform pembuatan game, diakses melalui headset Oculus VR Facebook. Pada tahun 2021, Horizon Workrooms versi beta telah ditambahkan ke proyek ini, memungkinkan tim jarak jauh untuk bekerja sama.

Pada konferensi Connect, Meta mengumumkan 'Project Cambria' yang sulit dipahami, headset VR premium yang belum diluncurkan yang seolah-olah akan digunakan pengguna untuk mengakses metaverse. Perusahaan juga berencana untuk merilis jam tangan pintar, yang kemungkinan akan terhubung dengan perangkat keras VR baru.

Project Cambria

Mengapa Meta berniat mengembangkan metaverse?

Zuckerberg telah menjelaskan bahwa Meta melihat metaverse sebagai prioritas dan akan menginvestasikan banyak waktu, penelitian, dan energi untuk menghidupkannya. Tapi kenapa?

Dalam Surat Pendiri terbarunya, Zuckerberg menyatakan:

“Ketika saya memulai Facebook, kami kebanyakan mengetik teks di situs web. Ketika kami memiliki ponsel dengan kamera, internet menjadi lebih visual dan mobile. Saat koneksi menjadi lebih cepat, video menjadi cara yang lebih kaya untuk berbagi pengalaman. Kami telah beralih dari desktop ke web ke seluler; dari teks ke foto ke video. Tapi ini bukan akhir dari segalanya”.

Dia melihat metaverse sebagai langkah logis berikutnya dalam cara kita memanfaatkan internet dan media sosial.

Merek ingin menciptakan masa depan di mana semakin banyak dari kita akan menghabiskan waktu online, dan bertujuan untuk memainkan peran sentral dalam merancang perubahan ini, merancang dunia baru di mana kita dapat terhubung. 

Metaverse akan membantu orang terhubung dan Meta melihat ini sebagai lompatan maju berikutnya, membangun alat yang melampaui aplikasi dan media sosial dan meningkatkan kemampuan kita untuk terhubung dengan orang lain.

Meta

Beberapa kritikus mengklaim perubahan nama menjadi Meta adalah upaya untuk menangkis publisitas negatif Facebook dalam beberapa tahun terakhir, seperti skandal data Cambridge Analytica, penyalahgunaan data pribadi perusahaan, dan berbagai pelanggaran keamanan. Namun, Meta telah menyatakan perubahan nama merek adalah untuk lebih mencakup semua yang dilakukan perusahaan, di luar hanya aplikasi media sosial Facebook.

Bagaimana dengan motif finansial? Mungkinkah keuntungan Meta melonjak dari pengembangan metaverse? Singkatnya, ya. Zuckerberg menggambarkan dunia virtual di mana konsumen tidak hanya akan membeli perangkat keras untuk mengakses metaverse tetapi juga akan memiliki banyak peluang berbelanja di dalam metaverse itu sendiri, dengan pengguna membeli segala sesuatu mulai dari pakaian baru untuk avatar mereka hingga menjelajahi toko.

Namun, hari-hari keuntungan besar dalam metaverse masih bertahun-tahun, jika bukan beberapa dekade, lagi. Beberapa analis berpikir bahwa cryptocurrency mungkin memainkan peran besar dalam perdagangan metaverse, tetapi bagaimana transaksi akan terjadi adalah spekulasi pada saat ini.

Apa pendapat perusahaan lain tentang metaverse?

Facebook bukan satu-satunya perusahaan yang tertarik dengan metaverse. Dan sebagian besar ahli membayangkan metaverse sebagai ruang global yang dapat diakses siapa saja, bukan sesuatu yang dimiliki oleh satu perusahaan. Oleh karena itu, banyak organisasi akan terlibat dan bekerja sama dalam ruang yang sama, seperti yang dilakukan situs web saat ini di internet.

“Metaverse tidak akan dibuat oleh satu perusahaan. Ini akan dibangun oleh pencipta dan pengembang yang membuat pengalaman baru dan item digital yang dapat dioperasikan dan membuka ekonomi kreatif yang jauh lebih besar daripada yang dibatasi oleh platform saat ini dan kebijakan mereka, ”tegas Zuckerberg.

Jadi, bagaimana perusahaan lain terlibat? Tidak mengherankan bahwa perusahaan teknologi lain merasakan potensi dan menginvestasikan waktu dan uang ke dalam pengembangan metaverse. Inilah bagaimana beberapa perusahaan kelas berat membayangkan mengintegrasikan produk dan layanan mereka dengan metaverse.

Microsoft

Pandemi mengajari kita bahwa bekerja dari rumah tidak hanya mungkin tetapi juga efisien, dengan banyak pekerja menyukai kenyamanan dan fleksibilitas kerja jarak jauh. Tidak semua orang juga terburu-buru untuk kembali ke kantor, jadi tidak mengherankan jika perusahaan teknologi seperti Microsoft melihat kemungkinan bagaimana metaverse dapat membuat pekerjaan jarak jauh lebih mudah.

Microsoft baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan avatar 3D dan ruang kerja digital yang imersif ke Microsoft Teams, yang memungkinkan perusahaan untuk membangun 'kembar digital' dari kantor fisik mereka untuk diakses oleh pekerja jarak jauh. Ini akan didukung oleh Microsoft Mesh, alat kolaborasi virtual yang menggunakan VR dan AR untuk menciptakan ruang digital dan diharapkan akan tersedia pada tahun 2022. Aplikasi baru, yang disebut Microsoft Loop, akan memungkinkan pekerja jarak jauh untuk dengan mudah memindahkan, menyinkronkan, dan berbagi dokumen dan sumber daya melalui kanvas kolaborasi digital.

Microsoft juga telah mengindikasikan rencananya untuk memperluas penawaran gamenya ke ruang metaverse, yang berpotensi membawa game Xbox ke dunia 3D di masa depan.

Microsoft Mesh

Zoom

Platform konferensi video Zoom juga telah mengindikasikan bahwa ia melihat dirinya memiliki peran penting dalam lingkungan kerja digital dalam metaverse di masa depan. CEO Eric Yuan menyebutkan dalam sebuah wawancara baru-baru ini bahwa dia melihat ini masih beberapa tahun lagi.

Amazon

Dengan pangsa pasar Amazon yang besar dalam e-niaga, hiburan digital, dan komputasi awan, kemungkinan besar perusahaan sedang mempertimbangkan bagaimana belanja Amazon dan konsumsi media dapat terjadi dalam metaverse. Tapi sampai sekarang, belum merilis pernyataan apa pun tentang topik tersebut.

Roblox

Platform game online Roblox sangat terlibat dalam ruang metaverse. Anda mungkin belum pernah mendengarnya, tetapi kemungkinan besar anak-anak Anda pernah mendengarnya. Roblox menciptakan platform virtual di mana pengguna dapat membuat game mereka sendiri. Saat bermain game ini gratis, pengguna dapat membeli mata uang virtual yang disebut Rubux untuk membeli add-on untuk game - dan perusahaan menghasilkan banyak uang.

Roblox pada dasarnya telah menciptakan platform di mana pengguna dapat membuat metaverse mereka sendiri dan juga telah membuktikan bahwa itu dapat menguntungkan, jadi ini adalah pemain utama yang harus diperhatikan di ruang ini.

Epic Games

Perusahaan hiburan Epic Games, pembuat Fortnite, juga melihat potensi besar dalam metaverse. Pada April 2021, perusahaan mengumumkan putaran pendanaan $ 1 miliar, termasuk investasi dari Sony Group Corporation, untuk mewujudkan visinya tentang metaverse.

Nike

Mengapa perusahaan sepatu kets ingin bergabung dengan metaverse? Raksasa pakaian olahraga Nike sedang memikirkan hari-hari ketika pengguna mungkin ingin membeli produk virtual, seperti pakaian aktif Nike, untuk avatar mereka - jika Anda dan teman Anda memotret lingkaran virtual, Anda ingin terlihat bagus saat melakukannya. Nike telah mengajukan beberapa permintaan merek dagang untuk menjual produk virtual dengan logo dan mereknya.

Namun, ini juga menimbulkan pertanyaan yang lebih besar tentang bagaimana merek dagang dan barang palsu akan diatur di metaverse, dengan Nike mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi dirinya sendiri sebelum metaverse direalisasikan.

Siapa yang mengendalikan metaverse?

Konsep metaverse menawarkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban dalam hal regulasi teknologi internasional. Di dunia maya, siapa yang mengatur metaverse? Bagaimana perusahaan melindungi privasi, pengenalan wajah, dan data pribadi pengguna metaverse?

Meta telah menyentuh hal ini, menyebutkan dalam pidato utamanya bagaimana visi metaverse-nya mencakup perlindungan untuk keselamatan pengguna dan bahkan untuk mencegah pencurian identitas avatar, tetapi sedikit yang diketahui tentang bagaimana, jika sama sekali, metaverse akan diatur, diatur, dan dikendalikan. untuk memastikan privasi dan perlindungan pengguna.

Dengan begitu banyak kekhawatiran yang valid terkait dengan penggunaan media sosial saat ini, mulai dari efek kesehatan mental yang merugikan pada anak-anak hingga berbagi informasi yang salah tentang vaksin, tidak sulit membayangkan bagaimana metaverse dapat membuka berbagai masalah serius yang sama sekali baru yang belum kita ketahui. bahkan memikirkan.

Pada November 2021, Meta mengumumkan beberapa kemitraan pemerintah dan nirlaba, termasuk Pusat Perdamaian dan Inovasi Peres di Israel, yang akan berkolaborasi tentang cara membangun metaverse secara bertanggung jawab.

Bagaimana Anda mengakses metaverse?

Siap untuk terjun ke dunia baru yang menarik ini? Tidak begitu cepat - metaverse, seperti yang dibayangkan oleh Zuckerberg, masih bertahun-tahun lagi. Menurut perkiraannya, banyak produk metaverse yang sedang dikerjakan Meta tidak akan siap setidaknya dalam 10-15 tahun ke depan. Tetapi ketika (atau jika) metaverse membuahkan hasil, bagaimana kita akan mengaksesnya?

Perangkat keras akan memainkan peran besar dalam akses metaverse, dengan pengguna membeli headset realitas virtual mereka sendiri untuk memindahkannya dari ruang tamu mereka ke dunia metaverse mereka. Sementara Facebook sudah memiliki headset Oculus sendiri dan telah menggoda kedatangan headset yang lebih baru untuk tahun 2022, ada sejumlah perusahaan lain dengan headset VR mereka sendiri, termasuk Samsung dan HP.

Pengguna akan memasang headset mereka kapan pun mereka ingin memasuki metaverse melalui koneksi internet mereka, tetapi kemungkinan akan ada cara yang kurang mendalam untuk menggunakan metaverse bagi mereka yang tidak memiliki headset kit yang mahal.

Kit VR

Setelah Anda berada di metaverse, Anda akan diwakili oleh avatar Anda, dirancang dan dibuat oleh Anda. Pengguna akan dapat menyesuaikan versi virtual diri mereka sendiri dengan segala cara yang memungkinkan, termasuk memilih tinggi badan, berat badan, warna kulit, penutup kepala, tipe tubuh, dan bahkan rambut wajah. Pasti ada banyak peluang belanja juga, memungkinkan pengguna membeli pakaian dan aksesori untuk avatar mereka.

Langkah-langkah keamanan perlu menjadi yang terpenting dalam proses masuk metaverse, memastikan bahwa orang yang tepat masuk ke akun metaverse mereka sendiri. Ini dapat mencakup tindakan seperti kata sandi, pengenalan retina, atau otentikasi dua faktor.

Bagaimana itu akan mengubah cara kita hidup?

“Di masa depan ini, Anda akan dapat berteleportasi secara instan sebagai hologram untuk berada di kantor tanpa bepergian, di konser dengan teman, atau di ruang tamu orang tua Anda untuk mengejar ketinggalan. Pikirkan tentang berapa banyak benda fisik yang Anda miliki hari ini yang bisa saja menjadi hologram di masa depan. TV Anda, pengaturan kerja Anda yang sempurna dengan beberapa monitor, permainan papan Anda, dan banyak lagi - alih-alih benda fisik yang dirakit di pabrik, itu akan menjadi hologram yang dirancang oleh pembuat konten di seluruh dunia”, jelas Zuckerberg.

Namun, akankah metaverse menjadi utopia digital di mana kita bisa terhubung dengan teman-teman dari seluruh dunia secara instan, menonton konser dan bermain board game? Atau, mungkinkah platform tidak akan pernah mendapatkan massa kritis?

Masih terlalu dini untuk mengetahui bagaimana, jika memang, metaverse akan mengubah cara hidup kita. Obrolan sosial dengan teman mungkin menjadi lebih mendalam dan penggemar game pasti akan menikmati kemungkinan metaverse. Bayangkan melangkah ke game favorit Anda dengan semua teman Anda dan tidak hanya bermain di level 2D, tetapi dengan benar-benar menempatkan diri Anda ke dalam dunia game?

Ada cara yang tampaknya tak terbatas bagaimana metaverse yang sepenuhnya terwujud dapat merevolusi cara kita bersosialisasi, bersantai, atau bahkan berkencan. Namun, tidak semua orang bersemangat untuk bersosialisasi secara digital. Dan, meskipun metaverse itu sendiri akan gratis, perangkat keras teknologi mahal yang diperlukan untuk sepenuhnya membenamkan diri di dalamnya berarti mereka akan selalu menjadi penghalang untuk masuk.

Ada juga masalah penting dari hubungan manusia. Baik kita sedang bersosialisasi atau bekerja, kesepian adalah emosi yang nyata dan kuat yang dirasakan jutaan orang selama dua tahun terakhir pandemi. Bisakah kopi di metaverse bersaing dengan bertemu dengan teman-teman Anda di kafe? Kesepian dan keterasingan masih bisa membebani metaverse karena tidak ada yang bisa menggantikan pelukan, jabat tangan, atau senyuman.

Bagaimana itu akan mengubah cara kita bekerja?

Jika ada satu hal yang telah dibuktikan oleh pandemi, yaitu para pekerja tidak lagi puas dengan pekerjaan kantor jam 9-5 dan perjalanan tanpa akhir. Semakin banyak pekerja yang merangkul pekerjaan jarak jauh, mencari perusahaan yang memungkinkan bekerja dari rumah, atau meninggalkan jalur karir tradisional untuk peluang lepas atau wirausaha.

Ketika Anda ingin dapat bekerja dari mana saja di dunia, metaverse secara teoritis dapat menjadi gamechanger dalam cara kita terhubung untuk tujuan bisnis, terutama di tingkat global. Dari ruang kantor virtual hingga wawancara, ada banyak hal yang dapat dilakukan secara online daripada secara langsung. Metaverse dapat membuat rapat tim yang membosankan dari 2D menjadi 3D, memungkinkan Anda menempatkan diri Anda di kantor virtual dan merasa seperti Anda benar-benar duduk di sana di samping rekan kerja Anda.

Jika metaverse dapat berintegrasi dengan perangkat lunak dan teknologi perkantoran kami saat ini, maka Anda dapat dengan mudah menarik presentasi PowerPoint yang Anda buat secara offline dan menyajikannya kepada rekan kerja di ruang rapat metaverse Anda. Atau, berikan rekan avatar file yang dapat mereka unduh di waktu mereka sendiri di rumah.

Pekerja dapat bekerja dari rumah, meninggalkan perjalanan, dan memiliki lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman-teman mereka. Sangat mudah untuk melihat bagaimana ini akan menarik, tetapi apakah perusahaan akan siap untuk kehilangan bilik selamanya? Terlepas dari manfaat kerja jarak jauh untuk moral dan retensi staf, banyak bisnis masih menyebutkan kekhawatiran tentang produktivitas dan pemantauan waktu sebagai penghalang mereka untuk mengizinkan staf menjadi sepenuhnya jarak jauh.

VR-based conferencing platform

Dari perspektif perdagangan, metaverse kemungkinan akan membuka banyak peluang belanja baru. Pemilik bisnis dapat membuka toko di metaverse, pembuat konten akan memiliki platform baru untuk berbagi konten dan video, dan cara kami berbelanja online dapat berubah, memungkinkan Anda masuk ke butik pakaian di metaverse, menelusuri pakaian baru, lalu memiliki produk fisik dikirim ke rumah Anda.

Pembelian game dan rekreasi kemungkinan juga akan berperan dalam metaverse, dengan pembelian dalam game, aksesori karakter, atau kehidupan ekstra hanyalah beberapa cara perusahaan game dapat menghasilkan uang di metaverse.

Sedangkan untuk iklan digital? Ya, penempatan iklan bisa di mana saja, dengan bisnis yang membuat kampanye iklan metaverse yang ditargetkan secara khusus, seperti yang saat ini kita lihat online dan di media sosial. Di masa depan, apakah pengguna akan membayar mahal untuk memasuki metaverse versi bebas iklan? Apa pun mungkin.

Jika metaverse lepas landas, itu bisa membuat kolaborasi di tempat kerja lebih efektif, lebih cepat, dan lebih produktif.

Apa yang terjadi selanjutnya?

Terlepas dari semua hype baru-baru ini di sekitar metaverse dan keterlibatan Meta, ini adalah kasus yang terburu-buru dan menunggu. Jelas bahwa perusahaan melihat potensi besar dalam metaverse dan bersedia menginvestasikan waktu dan uang untuk mewujudkannya.

Banyak yang senang dengan opsi kolaborasi dan konektivitas baru yang akan dibuat oleh metaverse, tetapi masih ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum kita mencapai titik di mana metaverse menjadi tempat penting di mana kita tinggal, bermain, dan bekerja.

Infrastruktur metaverse, masalah privasi, dan tata kelola internasional hanyalah beberapa dari masalah yang sedang dibahas oleh bisnis dan pemerintah.
Namun, teknologi bergerak dengan sangat cepat sehingga metaverse bisa ada di sini sebelum kita menyadarinya. Tapi apakah dunia akan siap?

Posting Komentar untuk "Apa itu Metaverse?"