Wajib Tahu!! Inilah Beberapa Mitos Tentang Mie Instan


Mitos tentang mie instan
Mie Instan

Mie instan menjadi makanan alternatif saat perut terasa lapar. Penyajiannya yang sangat mudah, sehingga tak heran jika banyak yang memilih mie instan untuk penganjal perutnya.

Namun, banyak rumor yang mengatakan kalau mie instas itu tidak sehat, mengandung lilin, dapat menyebabkan kanker, dan beberapa mitos lainnya.

Berikut ini adalah beberapa mitos tentang mie instan yang saya temukan dari beberapa sumber.

1. Mie Instan Mengandung Banyak Gizi
Mie instan memang mengandung banyak gizi dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, B6 dan B12, niasin, asam folat, zat besi dan asam pantotenat. Namun, kandungan gizi dalam mie instan sangat kecil sekali.

2. Mengonsumsi Mie Instan dengan Nasi
Mie instan dan nasi merupakan ‘pasangan’ yang serasi untuk dimakan, karena sama-sama mengandung karbohidrat yang tinggi. Namun jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak dan berlebihan, maka akan menyebabkan kadar gula darah naik. Hal ini juga akan membuatmu menjadi gemuk.
.
3. Karbohidrat Pengganti Nasi
Kandungan karbohidrat pada mie instan tidak bisa diragukan lagi. Namun, mie instan hanyalah makanan penganti sementara. Jika mengonsumsinya secara berlebihan maka akan menyebabkan stroke. Disarankan untuk makan mie instan tidak lebih dari 3 kali dalam seminggu.
.
4. Mengandung Zat Lilin Berbahaya
Mayoritas orang beranggapan kalau mie instan mengandung zal lilin, karena tidak lengket saat dimasak. Namun, penjelasan ilmiahnya adalah karena mie instan mengandung minyak di dalamnya, sehingga tidak menyebabkan mie ini lengket. Minyak dalam mie instan juga berfungsi menjaga agar mie tidak mudah basi.
.
5. Memasak dengan Bumbu Dapat Menyebabkan Kanker
Banyak yang percaya kalau memasak mie instan langsung dengan bumbu akan menyababkan kanker. Itu jika suhu mencapai 120 derajat celcius senyawa dalam mie instan akan berubah menjadi senyawa penyebab kanker. Namun, jika memasak mie instan tidak mencapai suhu 120 derajat celcius dan hanya berlangsung tidak lebih dari 5 menit.

Demikian adalah beberapa mitos tentang mie instan yang beredar di masyarakat.

Posting Komentar untuk "Wajib Tahu!! Inilah Beberapa Mitos Tentang Mie Instan"